Kenapa pengembang Indonesia belum mencapai raihan milestone tersebut? Bisa ada sejuta alasan jika kita telusuri satu-persatu, tapi mari kita coba untuk telaah sedikit cerita sukses Cell Co dari Jepang dan Breakdesigndari Singapura. Cell Co dari Jepang secara total sudah meraih 7.2 juta unduhan, sementara Breakdesign sudah meraih 2.1 juta unduhan.

Cell Co memiliki produk unggulan Flash Greeting Mail for Nokia yang memanfaatkan teknologi Adobe Flash Lite player dan Java. Breakdesign sendiri mengembangkan permainan dengan animasi cantik bernama Roach Game, di mana Anda cuma perlu “mematikan” kecoak yang berkeliaran yang dikemas dengan desain animasi yang baik.

Dari situ dapat kita ambil kesimpulan bahwa produk yang memiliki pangsa pasar global, desain visual yang menarik dan dapat bikin ketagihan (adiktif), serta memberikan added value lebih bagi penggunanya adalah yang paling berpeluang mendapatkan unduhan paling banyak. Sudah mulai banyak pengembang Indonesia yang didorong ke arah sana dan semoga hasilnya dapat segera dipetik.

Sumber: DailySocial by Amir Karimuddin

Contoh yg bagus adalah bubble ball nya Robert Nay.

Iklan